Karinding Towel

14Dec11

Karinding, adalah alat musik indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat mungkin masih asing bagi masyarakat awam, banyak sekali versi yang menerangkan arti karinding ini, tetapi karinding ini merupakan alat musik Indonesia yang tergolong dalam klasifikasi lamellophone, banyak sekali alat musik sejenis lamellophone di nusantara ini yang secara organologi tidak jauh berbeda dengan karinding, contohnya, kurinding kalimantan selatan, genggong bali dan lombok, pikonane dari papua dan lain sebagainya, bakan alat musik sejenis lamellophone dapat di jumpai dari berbagai daerah di kepulauan Indonesia. tak hanya di wilah indonesia saja, jenis lamellophone ini tersebar hampir di seluruh dunia, khusus nya di asia tenggara. di wilayah eropa jenis lamellophone dikenal dengan nama Jew’s harpjaw harpmouth harpOzark harptrump atau juice harp.

Karinding towel, merupakan salah satu jenis dari sekian banyak  lamellophone yang ada di indonesia, Karinding towel ini berbasis pada jenis lamellophone yang ada di asia tenggara. tidak seperti karinding tradisional lain nya, Karinding towel adalah inovasi dari karinding sebelumnya yang tidak memiliki standar pitch nada/tonal yang jelas. Karinding Towel memiliki Pitch /tonal yang mengacu pada standar nada diatonis, sehingga karinding towel dapat juga masuk kedalam alat musik tonal. secara teknis memainkan Karinding towel memiliki perbedaan dengan karinding tradisional yang dikenal di jawa barat, walaupun sama-sama menggunakan rongga mulut sebagai resonator bunyi, umum nya karinding tradisional dari jawa barat di bunyikan  dengan cara di pukul pada pangkal karinding nya sehingga terjadi  getaran pada lidah/lamella karinding yang menimbulkan suatu bunyi. Karinding Towel di bunyikan dengan cara di Towel atau di colek menggunakan ujung jari tangan. karinding towel  tak hanya memiliki satu nada dalam satu unit istument, tapi dapat memiliki rangkaian 3 nada bahkan samapai satu oktav  dalam satu rangkaian karinding towel, sesuai dengan keinginan dan  kebutuhan nya.

Berbicara karinding towel tentunya kita tidak bisa terlepas dari sosok sang Inovator atau pelopor salah satu jenis lamellophone asal indonesia ini, adalah Asep Nata, seorang Inovator dan juga pelopor Karinding towel ini, beliau adalah salah satu seniman asal Jawa Barat yang kini masih aktif mengajar sebagai dosen  di Jurusan Seni Musik  Universitas Pasundan, Bandung. Bertahun tahun sudah beliau habiskan waktu dengan alat musik ini. dan akhirnya beliau menemukan  Karinding towel yang sebenarnya inovasi dari karinding tradisional yang disinyalir sudah ada sejak ratusan  bahkan ribuan tahun lalu. Asep Nata Juga Masih aktif dalam memproduksi dan mempopulerkan Karinding Towel ini.  Karinding Towel ini untuk sementara hanya di produksi sesuai pesanan. jadi, jika anda tertarik, silakan langsung menghubungi Asep Nata. beliau akan dengan senang hati merespon.

jadi, bagaimana pendapat anda tentang Karinding Towel..???

For Order:  https://tatabuhan.wordpress.com/product/

* Karinding Towel by Asep Nata.

Write by: Made Bagus Permadi Putra



2 Responses to “Karinding Towel”

  1. 1 reza

    blum ngrti. itu bentuk karinding towel. dngan karinding biasa. sama g ? tolong penjelasan nya


  1. 1 Karinding Towel (Bamboo Jew’s Harp) For SALE « tatabuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: